Blog ini adalah archive. Untuk situs kami yang aktif, silahkan kunjungi mahkamahnews.org | Follow kami di Instagram & Twitter : @mahkamahnews

Baca juga archive produk-produk kami di  

Selasa, 11 Oktober 2011

Selamat Datang Awak Baru!

Penerimaan mahasiswa baru UGM, tentu meniupkan angin segar bagi Mahkamah. Mengapa? Karena datangnya mahasiswa baru di Kampus Biru, berarti penanda kedatangan awak-awak baru Mahkamah. Maka, akan ada penulis hebat, fotografer loyal, pemikir yang tekun serta tentu saja mahasiswa baru dengan ide dan gagasan yang besar, yang akan hadir meramaikan ruang Sekretariat Mahkamah.  
Perkenalan Pada suatu Sabtu yang panas, awak Mahkamah berkumpul. Membincang koordinasi dan teknis pengenalan Mahkamah pada PPSMB (semacam ospek fakultas). Dua orang awak masih sibuk membuat finalisasi film pendek, yaitu Abraham Adi (2010) dan Abraham Utama (2009). Mata Angin, begitulah mereka sepakat memberi judul. Film pendek yang dibuat sekitar bulan Agustus itu setidak-tidaknya melibatkan 4 (empat) orang awak selain dua diantaranya yang sudah disebutkan di atas, yaitu Hilman Fathoni (2010) dan Rahadiyan Alvin (2009). Melalui film pendek yang berdurasi kurang lebih 18 menit ini, mereka mencoba untuk mengenalkan kehidupan kampus, mahasiswa yang harus menentukan arahnya serta Mahkamah itu sendiri yang menjadi salah satu arah "mata angin". 
Ketika Mahkamah memperkenalkan diri pada mahasiswa baru, tidak hanya memutarkan film. Tetapi juga memperkenalkan kegiatan-kegiatan dan awak Mahkamah. Perkenalan ini juga dihadiri oleh dewan redaksi dan alumni Mahkamah, yaitu: Annisa Rahmah, S.H. (Pemred 2009/2010), Puspaningtas Panglipurjati, S.H. (Sekum 2009/2010), Ahmad Romi Royadi (PU 2009/2010) dan Gitra Putri (PU 2007/2008). 
Rekrutmen Awak Baru 
Ketua Rekrutmen
Rekrutmen awak baru ini adalah sebuah program rutin divisi Litbang Mahkamah. Kali ini program rekrutmen awak baru, diketuai oleh Fani (Tifani Windasari Sumirat/2009). Program ini terdiri dari 3 (tiga) buah acara yang berlangsung berturut-turut: 

seusai kuliah alternatif Jilid II
  1. Penerimaan. Penerimaan awak baru dimulai dengan penempelan poster untuk mengundang Mahasiswa FH UGM untuk menjadi bagian dari BPPM Mahkamah. Poster dirancang sedemikian rupa menarik (terima kasih, Bung Dana Yuhanming!). Masa pendaftaran: 12-27 September2011. 
  2. Kuliah Alternatif. Tanggal 1 Oktober 2011, kuliah alternatif diisi dengan pengenalan per divisi di Mahkamah, penulisan, keredaksian, film, analisis sosial. Sedangkan pada tanggal 2 oktober, materi kuliah alternatif berupa: strategi marketing (Tommy, House of Tommy Jogja), mengenal fotografi bersama duo Abraham, diskusi tokoh pers (Muhidin M. Dahlan, dari I:BOEKOE Jogja), keredaksian (teknik wawancara), mengenal Litbang (Penelitian dan Pengembangan). 
  3. Latihan Reportase. Berlangsung pada Sabtu, 7 Oktober 2011. Seluruh calon awak baru berkumpul di sekretariat Mahkamah sejak pukul 8 pagi. Mereka kemudian berangkat ke Pasar Bringhardjo (Yogyakarta, Indonesia) untuk berlatih reportase langsung. Mereka semua telah dibekali teknik wawancara dan pendekatan terhadap narasumber pada saat Kuliah Alternatif hari kedua. Dari hasil wawancara tersebut, mereka kembali ke sekretariat untuk menulis berita. Tentunya dengan gaya penulisan masing-masing.
  4. Malam Keakraban (7-8 Oktober 2011). Diketuai oleh Petrus Sian Edvansa, dengan dibantu oleh Seksi Acara Canisia Rayi Anggitaningrum dan M. Amri Ahlul. Malam keakraban dilaksanakan di Villa Cemara Kaliurang, Yogyakarta. Dalam suasana pegunungan yang sejuk, acara ini dimulai sejak sore hari dengan sebuah games mencari koin dalam sebaskom tepung. Lalu setelah ibadah Magrib, para calon awak baru dikumpulkan untuk masing-masing mempresentasikan tulisan (berita) dari hasil latihan reportase pagi tadi. Presentasi tulisan oleh masing-masing penulisnya ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang tulisan dan keredaksian. Acara kemudian dilanjutkan dengan games, lalu api unggun. Saat api unggun, dilakukan pengumuman terhadap tulisan terbaik versi PU, Pemred dan Kalitbang. Masing-masing peraih penghargaan tulisan terbaik, berhak mendapatkan sekalung permen untuk. Sebelum subuh, seluruh peserta Makrab harus melakukan jalan dengan membawa sebatang lilin menyala. Mereka harus mencari pos-pos dan berdiskusi.
    Malam Keakraban Mahkamah 7-8 Oktober 2011 di Kaliurang, Yogyakarta.
 Awak baru. Sekretariat semakin ramai. Sebuah fase baru untuk ruang biru yang telah lama sepi.. Selamat datang, Awak baru Mahkamah! Selamat datang, Keluarga Baru Mahkamah!! Mari berproses bersama..
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar