Blog ini adalah archive. Untuk situs kami yang aktif, silahkan kunjungi mahkamahnews.org | Follow kami di Instagram & Twitter : @mahkamahnews

Baca juga archive produk-produk kami di  

Jumat, 24 Februari 2012

Liputan Laporan Dekan : Fakultas Hukum Sepanjang 2011

Oleh : Indri Tedja Tyasning

Tanggal 17 Februari 2012 merupakan hari jadi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) ke 66. Setiap tahun FH UGM mengadakan rangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadinya. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Refleksi Cita Negara Hukum” Salah satu bagian dari rangkaian acara tersebut adalah ‘Rapat Senat Terbuka’ yang diadakan pada hari Jumat tanggal 17 Februari 2012 pukul 09.00.

Rapat Senat Terbuka yang dihadiri oleh alumni FH UGM ini memiliki dua sesi, sesi pertama adalah pemaparan laporan pertanggungjawaban dekanat yang dibacakan dekan FH UGM, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo, SH. LL.M sepanjang tahun 2011 kemudian dilanjutkan orasi ilmiah Dr. Bambang Kesowo , SH, LL.M yang bertajuk “Negara Hukum, Program Legislasi Nasional dan Kebutuhan Desain Besar Bagi Perencanaannya”

Dalam pemaparan laporannya kali ini pihak dekan memaparkan prestasi – prestasi yang diraih mahasiswa FH UGM diantaranya diraih dalam bidang moot court seperti juara 1 Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional Piala AG Pringgodigdo yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan dalam bidang debat konstitusi yaitu Juara 1 Tingkat Nasional “Debat Konstitusi Tingkat Nasional Tahun 2011” yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi RI.

Hal lain yang dipaparkan dekan dalam rapat senat terbuka adalah pembangunan infrastruktur dalam lingkungan FH UGM. Pembangunan dilakukan untuk meningkatkan lingkungan yang lebih kondusif untuk mendukung suasana belajar mengajar di fakultas. Adapun penyempurnaan infrastruktur tersebut antara lain, pembangunan selasar penghubung antara gedung I dan gedung II, renovasi gedung VI (gedung perpustakaan tiga lantai – eks GKU), ruang sekretariat IUP dan LCDC (Gedung II).

Dalam rapat senat kali ini, dekan sedikit membahas masalah publikasi makalah dalam jurnal ilmiah online, beliau berpendapat bahwa kebijakan yang dikeluarkan Dirjan Pendidikan Tinggi ini sebenarnya cukup bagus, namun masih perlu dikaji ulang.

Laporan Dekan dalam Rapat Senat yang diadakan tiap tahun pada dasarnya untuk mengabarkan kepada masyarakat baik dalam lingkungan FH UGM maupun lingkungan luar(dengan diwakili alumni) . Bukan hanya memaparkan pencapaian dan prestasi namun juga membuka diri agar masyarakat luas tahu tentang apa saja yang dilakukan Fakultas Hukum UGM sepanjang tahun. Selamat ulang tahun FH UGM. Semoga perubahan yang terjadi di fakultas bukan hanya mampu merubah sarana fisiknya saja namun juga nantinya mampu merubah keadaan hukum Indonesia yang semakin rapuh. Ya, Semoga..


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar